Name:
Location: Jakarta, Indonesia

Tuesday, October 31, 2006

MAJALAH INDONESIA
BIDANG ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI *


Sri Purnomowati** dan Rini Yuliastuti ***

Abstract

The inventory of 84 titles of library and information science publications which have ISSN, were done using quetionnaire. The result shows that 46,43% publications are still published, 11.9% publications are not published, 38,10% publications are unknow status, and 3,57% publications changed the title. Most of publications are published in Jawa Island, and published by Academic institution and Departement institution/ Non Departemen institution. Generally, the publications using Indonesian languange and published quarterly. One third of publications are published more than 20 years old, and none of the library and information science publication has accredited or classified as science publication.

Keywords : Indonesian periodical; Library and information science


LATAR BELAKANG

Majalah merupakan media komunikasi ilmiah yang memegang peranan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Penerbitan majalah baru di Indonesia boleh dikatakan cukup menggembirakan, yaitu sekitar 400 judul majalah per tahunnya. Namun demikian, di tingkat internasional, produktifitas penerbitan majalah ilmiah Indonesia masih kalah dibandingkan dengan negara-negara tetangga, seperti: Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina (Gibbs, 1995).
Beberapa kendala yang dialami oleh majalah Indonesia antara lain adalah: kurang teraturnya waktu penerbitan atau terbit tidak sesuai dengan kala terbitnya, tidak terjaminnya kelangsungan hidup majalah seperti berhenti terbit dengan begitu saja atau sering berganti judul. Oleh karena itu, jumlah majalah yang benar-benar terbit tentu tidak sesuai lagi dengan yang terdaftar. Berapa tepatnya majalah yang masih terbit secara teratur belum diketahui dengan pasti karena belum pernah dilakukan inventarisasi.
Adanya kendala tersebut di atas tentu akan menghambat fungsi majalah sebagai media komunikasi ilmiah, serta menimbulkan kesulitan bagi para pengelola informasi untuk membangun koleksi majalah Indonesia yang utuh dan lengkap. Sementara untuk melakukan inventarisasi terhadap majalah yang masih terbit sampai saat ini tentu merupakan pekerjaan yang sangat besar, mengingat sampai akhir tahun 1999 saja telah terdaftar sekitar 6.750 judul majalah yang memiliki ISSN. Inventarisasi hanya dapat dilaksanakan jika dilakukan setahap demi setahap, misalnya per subjek atau per bidang ilmu pengetahuan.
Sehubungan dengan hal tersebut, bidang ilmu perpustakaan dan informasi layak mendapatkan perhatian karena perannya yang sangat penting dalam mendukung era globalisasi informasi.Pendidikan Ilmu Perpustakaan di Indonesiapun berkem--bang pesat sejak berdirinya pada tahun 1961. Kegiatan pendidikan tidak hanya melibatkan lembaga perguruan tinggi negeri, tetapi juga lembaga perguruan tinggi swasta dengan jenjang bervariasi dari diploma sampai pascasarjana.

* Dimuat dalam Marsela 2 (2) 2000 : 13-16; Marsela 2 (2-3) 2000 : 36-40.
** Peneliti di PDII-LIPI
*** Staf Sub Bidang Pengkajian Informasi Ilmiah PDII-LIPI

Beberapa perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan pendidikan ilmu perpustakaan antara lain: Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Hasannuddin, Institut Pertanian Bogor dan IKIP Yogyakarta, sedangkan perguruan tinggi swasta antara lain : Universitas Yayasan Rumah Sakit Islam (YARSI), dan Universitas Nusantara (UNINUS) Bandung. Oleh karena itu, peran majalah sebagai media komunikasi ilmiah jelas amat dibutuhkan baik oleh lingkungan pendidikan maupun profesi terkait seperti: pengelola informasi, pengajar, peneliti, pustakawan, dan lain-lain.
Permasalahan yang muncul adalah bagaimanakah keadaan majalah Indonesia bidang ilmu perpustakaan dan informasi? Majalah apa saja yang telah terdaftar memperoleh ISSN? Bagaimanakah status majalah tersebut saat ini? Majalah apa saja yang masih terbit sampai saat ini dan bagaimana deskripsinya? Apakah jumlah dan kualitas majalah mampu mengemban fungsinya sebagai pendukung kemajuan ilmu perpustakaan dan informasi?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Sub Bidang Pengkajian Informasi Ilmiah PDII-LIPI melakukan inventarisasi untuk mengetahui : 1. Status majalah Indonesia bidang ilmu perpustakaan dan informasi yang telah memiliki ISSN; 2. Deskripsi majalah Indonesia bidang ilmu perpustakaan dan informasi yang masih terbit sampai saat ini. Hasil inventarisasi tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai : 1. Sumber informasi bagi para pengelola perpustakaan dalam rangka membangun koleksi majalah Indonesia yang lengkap; 2. Sumber informasi bagi para penulis yang akan mengkomunikasikan karya ilmiahnya melalui majalah; 3. Sebagai sumber informasi bagi para penyunting dan penerbit majalah Indonesia khususnya majalah bidang ilmu perpustakaan dan informasi.

METODOLOGI

Inventarisasi dilakukan terhadap majalah Indonesia bidang ilmu perpustakaan dan informasi yang diperoleh dari pangkalan data ISSN PDII-LIPI. Dari hasil penelusuran diperoleh 84 judul majalah. Kemudian kepada 84 penerbit dikirimkan kuesioner yang memuat pertanyaan apakah majalah tersebut masih terbit, tidak terbit, atau ganti judul. Dari 84 kuesioner yang dikirimkan, kembali 52 kuesioner atau tingkat pengembalian 61,9%, sementara 12 kuesioner tidak sampai karena penerbit telah ganti alamat. Data dari kuesioner tersebut diolah untuk mengetahui status majalah secara keseluruhan dan deskripsi majalah yang masih terbit sampai saat ini. Pengumpulan kuesioner dilakukan mulai bulan Februari sampai Desember 1999.

HASIL INVENTARISASI
A. Status majalah

Dari 84 judul majalah bidang ilmu perpustakaan dan informasi yang telah memiliki ISSN, hanya 39 judul majalah (46,43%) menyatakan masih terbit sampai saat ini, 10 judul majalah (11,9%) menyatakan sudah tidak terbit lagi, 32 judul majalah (38,10%) tidak diketahui statusnya. Tiga judul majalah ( 3,57 %) menyatakan telah ganti judul, satu diantaranya telah mempunyai ISSN baru (Lihat Lampiran 1, 2, 3 dan 4). Dari jumlah majalah yang masih terbit, hanya sekitar 13 judul yang diterima secara rutin oleh PDII-LIPI.
Banyaknya majalah yang tidak diketahui statusnya antara lain disebabkan karena : 1. Kuesioner tidak dikembalikan, 2. Alamat penerbit yang terdaftar sudah tidak sesuai lagi. 3. Data majalah yang dikirim tidak sesuai dengan data majalah yang ditanyakan. Walaupun majalah mengalami hambatan dalam penerbitannya, umumnya mereka keberatan menyatakan tidak terbit karena masih ada harapan akan terbit.

B. Deskripsi majalah
Deskripsi 39 judul majalah bidang ilmu perpustakaan dan informasi yang masih terbit sampai saat ini adalah sebagai berikut :
1. Jenis Penerbit
Penerbit majalah bidang ilmu perpustakaan dan informasi terdiri dari Lembaga Perguruan Tinggi (43,59%), Lembaga Departemen/Non Departemen (46,15%), dan swasta (10,26%). Lembaga non departemen didominasi oleh Perpustakaan Nasional di daerah-daerah sementara lembaga swasta yang terlibat dalam penerbitan majalah berupa asosiasi profesi (Lihat Tabel 1).

Tabel 1
Jenis Penerbit Majalah

Jenis Penerbit
Jumlah
Persen (%)
Perguruan Tinggi
17
43,59
Departemen/LPND
18
46,15
Swasta
4
10,26
JUMLAH
39
100,00

2. Kota Terbit
Data pada Tabel 2 menunjukkan bahwa penerbitan majalah bidang ilmu perpustakaan dan informasi terkonsentrasi di wilayah Pulau Jawa, sementara di wilayah Indonesia bagian timur penerbitan majalah masih relatif lemah. Di Pulau Jawa terbit 29 judul majalah (74,36%), sementara 6 judul majalah (15,38%) diterbitkan di Sumatra, 2 judul majalah (5,13%) diterbitkan di Sulawesi, 1 judul majalah (2,56%) diterbitkan di Kalimantan dan satu judul majalah (2,56%) diterbitkan di Nusatenggara Barat. Di wilayah Pulau Jawa, penerbit terbanyak adalah DKI Jakarta (11 Judul), kemudian Jawa Tengah (9 Judul), Jawa Barat (7 Judul) dan terakhir adalah Jawa Timur (2 Judul).

Tabel 2
Kota Terbit Majalah

Kota Terbit
Jumlah
Persen (%)
Aceh
1
2,56
Bandung
3
7,69
Bogor
4
10,27
Jakarta
11
28,21
Jember
1
2,56
Medan
1
2,56
Padang
1
2,56
Palembang
3
7,69
Pontianak
1
2,56
Semarang
1
2,56
Mataram
1
2,56
Surabaya
1
2,56
Surakarta
1
2,56
Ujung Pandang
2
5,13
Yogyakarta
7
17,96
JUMLAH
39
100,00

3. Kala Terbit
Berdasarkan kala terbit majalah, dapat diketahui bahwa dari 39 judul majalah yang masih diterbitkan hingga saat ini, paling banyak yaitu 15 Judul (38,46%) memiliki frekuensi terbit tiga bulanan, kemudian 8 Judul (20,51%) dengan frekuensi tengah tahunan (lihat Tabel 3). Banyaknya jumlah majalah yang diterbitkan dengan frekuensi tiga bulanan menunjukkan bahwa kurun waktu tersebut dipandang sangat ideal, karena tenggang waktu tersebut cukup untuk mempersiapkan terbitan berikutnya.

Tabel 3
Kala Terbit Majalah

Kala Terbit
Jumlah
Persen (%)
Tahunan
2
5,13
Tengah tahunan
8
20,51
Empat bulanan
5
12,82
Tiga bulanan
15
38,46
Dua bulanan
3
7,69
Bulanan
6
15,39
JUMLAH
39
100,00


4. Tahun Terbit
Data pertambahan jumlah majalah dari periode ke periode (lihat Tabel 4) tidak menunjukkan adanya pola yang seragam. Pada tahun 1976-1980 pertambahan jumlah majalah baru cukup menonjol (20 judul), kemudian menurun sampai tahun 1990. Ada kemungkinan meningkatnya jumlah majalah tersebut mencerminkan bangkitnya dunia ilmu perpustakaan dan informasi di Indonesia. Pertambahan majalah baru paling menonjol terjadi pada periode tahun 1991-1995 (28 judul), kemudian menurun pada tahun-tahun berikutnya. Hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh faktor anggaran pemerintah yang memang meningkat pada periode 1991-1995 dan menurun setelah adanya krisis moneter pada tahun 1997.
Hasil inventarisasi menunjukkan bahwa majalah terbitan tahun 1971-1975 yang masih terbit sampai saat ini hanya tinggal seperempatnya, sedangkan majalah terbitan tahun 1976-1995 tinggal sekitar setengahnya. Adapun majalah terbitan 1995-1999 boleh dikatakan hampir semua masih terbit.
Data pada Tabel 4 menunjukkan bahwa sebagian majalah bidang ilmu perpustakaan dan informasi yang masih terbit, boleh dikatakan cukup setia menekuni bidangnya. Sejumlah 13 judul majalah (33,33%) telah terbit selama 20-29 tahun, sejumlah 17,96% majalah (7 judul) telah terbit selama 10 –19 tahun, dan 48,74% majalah (19 judul) berusia kurang dari 10 tahun. Oleh karena itu dapat dimengerti jika keunikan masalah ilmu perpustakaan dan informasi tersebut mendapat perhatian dari masyarakat sebagaimana yang ditunjukkan oleh Institute Studi Arus Informasi. Melalui Lomba Media Alternatif pada tahun 1998, lembaga tersebut memberikan penghargaan khusus kepada majalah Baca terbitan PDII-LIPI atas upaya penerbit mengangkat persoalan yang tak diperhatikan oleh pers umum.

Tabel 4
Tahun Terbit Majalah

Tahun Terbit
Jumlah mjl terdaftar
Jumlah mjl Terbit
Jumlah mjl Terbit (%)
Tahun 1971-1975
12
3
7,69
Tahun 1976-1980
20
10
25,61
Tahun 1981-1985
7
3
7,69
Tahun 1986-1990
9
4
10,27
Tahun 1991-1995
28
12
30,78
Sesudah tahun 1995
8
7
17,96
Jumlah
84
39
100,00


5. Bahasa Terbitan
Hampir semua majalah bidang ilmu perpustakaan dan informasi terbit dalam bahasa Indonesia, hanya satu yang terbit dalam bahasa campuran Inggris dan Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa peredaran majalah masih terbatas untuk konsumsi dalam negeri.

6. Peringkat Ilmiah
Sebagian besar majalah bidang ilmu perpustakaan dan informasi yang masih terbit, umumnya berfungsi sebagai sarana komunikasi antara sesama pengelola informasi dan pemakai informasi. Beberapa majalah bermaksud mengelola majalah bersifat ilmiah, namun belum mendapatkan pengakuan dari lembaga yang berwenang.
Sebagaimana kita ketahui, Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat-Ditjen DIKTI bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Ikatan Penyunting Indonesia dan Kantor Menteri Negara Riset dan Teknologi, mengembangkan instrumen evaluasi untuk akreditasi terbitan berkala ilmiah khususnya di lingkungan perguruan tinggi. Sementara itu, sesuai dengan Surat ketua LIPI No. 1482/SK/Ket/J.10/81, P2JP-LIPI telah menetapkan 3 klasifikasi majalah untuk kepentingan penilaian angka kredit jabatan fungsional peneliti, yaitu: majalah ilmiah, majalah ilmiah semi populer dan majalah ilmiah populer. Berdasarkan keterangan yang diperoleh pada bulan Oktober 1999, belum satupun majalah bidang ilmu perpustakaan dan informasi yang diklasifikasikan sebagai majalah ilmiah oleh Panitia Penilai Jabatan Peneliti (P2JP)-LIPI. Sepengetahuan penulis, sampai saat ini belum ada majalah bidang ilmu perpustakaan dan informasi yang telah terakreditasi oleh DIKTI.
Beberapa kendala yang menyebabkan belum mendesaknya kebutuhan akan adanya majalah ilmiah bidang ilmu perpustakaan dan informasi, kemungkinan adalah belum adanya lembaga penelitian dan terbatasnya jumlah tenaga peneliti yang khusus menangani bidang tersebut. Hasil-hasil penelitian yang ada saat ini umumnya adalah karya ilmiah mahasiswa dalam rangka menyelesaikan tugas akhirnya, dan tidak banyak diantara mereka yang mempublikasikannya melalui majalah.
Mengingat begitu pesatnya perkembangan teknologi informasi di luar negeri, maka adanya majalah ilmiah sangat diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan, khususnya meningkatkan mutu pendidikan, SDM, dan profesi-profesi yang terkait dengan ilmu perpustakaan dan informasi.

KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
1. Hasil inventarisasi majalah Indonesia bidang ilmu perpustakaan dan informasi menunjukkan bahwa majalah berstatus terbit berjumlah 46,43%, majalah berstatus tidak terbit berjumlah 11,9%, majalah tidak diketahui statusnya berjumlah 38,10%, dan telah berganti judul berjumlah 3,57%.
2. Penerbitan majalah Indonesia bidang ilmu perpustakaan dan informasi masih terkonsentrasi di Pulau Jawa, sementara penerbitan majalah di wilayah Indonesia bagian timur masih relatif lemah. Penerbit yang banyak terlibat dalam penerbitan ini adalah Lembaga Perguruan Tinggi dan Lembaga Departemen/Non Departemen serta sebagian kecil lembaga swasta.
3. Majalah Indonesia bidang ilmu perpustakaan dan informasi umumnya mengguna-kan bahasa Indonesia, kala terbit terbanyak adalah tiga bulanan. Sepertiga majalah boleh dikatakan cukup setia menekuni bidangnya atau telah terbit selama lebih dari 20 tahun. Sayangnya, belum ada majalah Indonesia bidang ilmu perpustakaan dan informasi yang termasuk dalam kategori ilmiah atau telah terakreditasi.

Saran
1. Pembinaan, dorongan, dan motivasi terhadap penerbitan majalah Indonesia bidang ilmu perpustakaan dan informasi perlu ditingkatkan, khususnya untuk wilayah Indonesia bagian timur.
2. Perlu dikembangkan majalah ilmiah Indonesia di bidang ilmu perpustakaan dan informasi dengan penanganan yang lebih serius dan berkelanjutan.
3. Penerbitan majalah hendaknya direncanakan secara cermat dan dikelola dengan sebaik-baiknya. Adanya perubahan judul majalah, pemberhentian penerbitan, perubahan alamat penerbit dan sebagainya, perlu diinformasikan kepada pengelola ISSN demi kebenaran dan kemutakhiran data yang tersedia.
4. Pencarian data mengenai majalah Indonesia bidang ilmu perpustakaan dan informasi yang belum diketahui statusnya hendaknya terus dilaksanakan

DAFTAR PUSTAKA
Ditjen DIKTI. 1997. Instrumen evaluasi untuk akreditasi berkala ilmiah. Jakarta.
Gibbs, W. Wayt. 1995. Lost Science in the third world. Scientific American (August): 92-99.

Lampiran 1
MAJALAH YANG MASIH TERBIT

No
Judul majalah/Tahun terbit

ISSN
Kota Terbit
Penerbit
1
Akses Media Komunikasi dan Informasi (1998)
1410-8151
Sumedang Bandung
Jurusan Ilmu Perpust. Fak Ikom Unpad
2
Baca (1974)
0125-9008
Jakarta
PDII-LIPI
3
Berita Arsip Nasional (1978)
0216-0323
Jakarta
Arsip Nasional RI
4
Berita Ikatan Pustakawan Indonesia (1980)
0216-3950
Jakarta
Pengurus IPI
5
Berita Perpustakaan (1978)
0216-6852
Bandung
Puslitbang Teknologi Mineral
6
Berita Perpustakaan Direktorat Batubara (1994)
0854-9869
Jakarta
Direktorat Batubara
7
Berita Pustaka-Dir. Geologi Tata Lingkungan (1979)
0126-3471
Bandung
Dir. Geologi Tata Lingk.
8
Berita Pustaka Sriwijaya (1994)
1410-4717
Palembang
Perpusda Sumatera Selatan
9
Buletin Bina Pustaka (1977)
0126-3641
Surabaya
Badan Pembina Pepusda Prop Jatim
10
Buletin IPI Kodya Palembang (1990)
0853-1749
Palembang
Pengurus Cabang IPI Kodya Palembang
11
Buletin Jarindo (1992)
0854-669x
Jakarta
Dir. Peng.Tenaga & Ker –jasama Perp-Perpusnas
12
Buletin Perpustakaan (1993)
0853-1544
Yogyakarta
Pusat Perpustakaan UII
13
Buletin Perpustakaan FKG-UI (1996)
1410-3168
Jakarta
Perpustakaan FKG-UI
14
Buletin Perpustakaan Fakultas
Ekonomi UII (1995)
0853-7755
Yogyakarta
Perpustakaan Fakultas Ekonomi UII
15
Buletin Perpustakaan IKIP Yogyakarta (1971)
0853-439x
Yogyakarta
UPT Perpustakaan IKIP Yogyakarta
16
Buletin Perpustakaan Pusat Penelitian Kependudukan UGM (1976)
0852-0739
Yogyakarta
Pepustakaan Puslit Kependudukan UGM
17
Buletin Perpustakaan Universitas Andalas (1992)
0854-5049
Padang
UPT Perpustakaan Universitas Andalas
18
Buletin Pustaka (1991)
1410-0266
Mataram
Perpusda NTB
19
Bulletin Pustaka Sriwijaya (1987)
0853-6821
Palembang
Perpusda Sumsel
20
Buletin Sangkakala (1975)
0126-3609
Yogyakarta
Perpusda DIY
21
Gema Informasi Perpustakaan (1984)
0854-3690
Medan
Perpusda Sumut
22
Jaringan (1995)
0853-6767
Ujung Pandang
UPT Perpustakaan IKIP Ujung Pandang
23
Jurnal Dokis (1998)
1410-802x
Bogor
Kelompok Dokumentasi Ilmu Sosial
24
Jurnal Ilmu Informasi, Perpusta- kaan & Kearsipan (1999)
1411-0253
Depok Bogor
Jur. Ilmu Perpustakaan Fak. Sastra UI
25
Jurnal Kearsipan Fak. Sastra UGM (1997)
1410-4954
Yogyakarta
Prog. D III Kearsipan Fk. Sastra UGM
26
Jurnal Perpustakaan Pertanian (1992)
0854-1078
Bogor
Pusat Perp Pertanian & Komunikasi Penelitian
27
Jurnal Pustakawan Indonesia (1997)
1410-5551
Bogor
UPT Perpustakaan IPB
28
Media Informasi : Forum Komunikasi Perpustakaan (1990)
0854-2066
Yogyakarta
UPT Perpustakaan UGM
29
Media Pustakawan (1995)
0216-1214
Jakarta
Dir. Pengemb. Tenaga & Kerjasam Perp-Perpusnas
30
Pelita Perpustakaan (1981)
0216-1214
Pontianak
Perpusda Kalbar
31
Suara Pustaka (1988)
0215-790X
Surakarta
Perpustakaan Univ Muhammadiyah
32
Warta Ikatan Pustakawan Indonesia Cabang Jakarta Selatan (1993 )
0854-5391
Jakarta
Pengurus IPI cabang Jakarta Selatan
33
Warta Makassar Public Library (1999)
1410-9387
Ujung Pandang
Perpustakaan Umum Makassar
34
Warta Perpusnas RI (1993)
0854-686x
Jakarta
Perpusnas RI
35
Warta Perpustakaan Pusat Penelitian Unika Atmajaya (1978)
0126-1630
Jakata
Puslit Unika Atmajaya
36
Warta Perpustakaan UNDIP (1977)
0126-4559
Semarang
Perpustakaan Pusat UNDIP
37
Warta Pusat Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (1980)
0126-2793
Jakarta
Badan Pembinaan Hukum Nasional
38
Warta Pustaka UNEJ (1984)
0216-3276
Jember
Perpustakaan Univ. Jember
39
Warta UNSYIAH (1980)
0216-4302
Banda Aceh
Perpustakan UNSYIAH


Lampiran 2
MAJALAH YANG TIDAK TERBIT

No
Judul majalah/Tahun terbit
ISSN
Kota Terbit
Penerbit
1
Access Point (1996)
1410-6213
Depok
Jurusan Ilmu Perpust UI
2
Berita Ilmu Perpustakaan & Dokumentasi (1991)
0853-9871
Jakarta
Jurusan Ilmu Perpust UI
3
Berita Jurusan Ilmu Perpustakaan (1972)
0126-1426
Jakarta
Pusat Pembinaan Perpust.
4
Berita Perpustakaan Bidang Perpustakaan Sekolah Pus- bintak Depdikbud (1976)
0125-9423
Jakarta
Pusat Pembinaan Perpust.
5
Berita Perpustakaan Sekolah (1974)
0126-1428
Jakarta
Pusat Pembinaan Perpust.
6
Buletin Jaringan Dokinfo Kesehatan (1975)
0216-1274
Jakarta
Depkes RI
7
Buletin Perpustakaan & Dokumentasi (1973)
0304-5773
Jakarta
Ass. Perpust. Arsp & Dok APADI
8
Buletin Yaperma (1974)
0125-9164
Jakarta
Yayasan Perpusnas
9
Majalah Ilmu Perpustakaan & Informatika (1981)
0216-7506
Jakarta
Jurusan Ilmu Perpust. Fak. Sastra UI
10
Persepsi (1979)
0126-4540
Jakarta
Perpustakaan Museum ABRI Satria Mandala


Lampiran 3
MAJALAH YANG TIDAK DIKETAHUI STATUSNYA

No.
Judul majalah/Tahun terbit
ISSN
Kota Terbit
Penerbit
1
Berita Perpustakaan Badan Balitbang Pendidikan dan Kebudayaan (1989)
0215-9023
Jakarta
Perpustakaan Balitbang Pendidikan dan Kebudayaan
2
Berita Perpustakaan Dir. Sumber Daya Mineral (1979)
0126-3986
Bandung
Dir. Sumber Daya Mineral
3
Berita Perpustakaan Fak. Teknik Sipil & Arsitektur
UNTAR (1976)
0126-4192
Jakarta
Perpustakaan Fak. Teknik Sipil & Arsitektur UNTAR
4
Berita Perpustakaan Lembaga Studi Pembangunan (1980)
0126-4230
Jakarta
Perpustakaan Lembaga Studi Pembangunan
5
Berita Perpustakaan Univer- sitas Airlangga (1973)
0125-930X
Surabaya
Perpustakaan UNAIR
6
Berita Perpustakaan UNSRI
(1981)
0216-7808
Palembang
Perpustakaan Pusat UNSRI
7
Berita Perpustakaan Puslitbang Geologi (1978)
0126-2041
Bandung
Perpustakaan Puslitbang Geologi
8
Berita Pustaka Perpustakaan Pusat Departemen Perindustrian (1976)
0125-9512
Jakarta
Perpustakaan Pusat Departemen Perindustrian
9
Berita Pustaka Puslit Pengairan (1986)
0215-104x
Bandung
Puslit Pengairan
10
Berita Pustaka Perp. Sentral LIPI (1979)
0216-4302
Bandung
Perpustakaan Sentral LIPI
11
Buletin Forum Komunikasi Antar Perpustakaan Sekolah (1995)
0853-7321
Ujung Pandang
Yayasan Pembina Indust. dan Info. Ilmu Pengetahuan Indonesia Pusat
12
Bulletin FKP2T (1994)
0854-9923
Yogya
UPT Perpust. UGM
13
Buletin IPI-DIY Yogyakarta (1988)
0852-3851
Yogyakarta
Perpusda DIY Yogyakarta-IPI
14
Buletin Perp. BKS-PTN B (1990)
0853-0297
Padang
Jar. Perp. Badan Kerjasama PTN wilayah Bag Barat
15
Buletin Tenah (1992)
0854-1665
Medan
Perpusda SUMUT
16
Info Ikatan Pustakawan Indonesia Bogor (1994)
0854-8056
Bogor
UPT perpustakaan IPB
17
Informasi IPI Sulsel (1994)
0854-865X
Ujung Pandang
Pengurus IPI Daerah Sulsel
18
Informasi Jayawijaya (1993)
0854-6193
Wamena
Pengurus IPI Cabang Kab. Jayawijaya
19
Informasi Perpustakaan Daerah Jambi (1981)
0854-5170
Jambi
Perpustakaan Daerah Jambi
20
Informasi Warta Perp.Unika Soegijapranata (1994)
0854-6762
Semarang
UPT Perp. Unika Soegijapranata
21
Jurnal Internal Dok (1995)
1410-0452
Jakarta
Yayasan Lintas Info. & Pengkajian
22
Jurnal Perpustakaan Kodya Makasar (1975)
0126-2114
Ujung Pandang
Perp. Umum Makasar
23
Majalah Ilmu Perpustakaan dan Informasi (1991)
0853-9871
Depok
Jurusan Ilmu Perpustakaan Fak. Sastra UI
24
Media Perpustakaan Pusat UNCEN (1971)
0216-0870
Jayapura
Perpustakaan Pusat UNCEN
25
Media Pustaka UNS (1991)
0853-540X
Surakarta
Perpustakaan UNS
26
Pustaka (1977)
0126-1495
Bandung
Perpustakaan Salman ITB
27
Sakato (1990)
0853-0114
Padang
Perpusda Sumbar
28
Siaran Lembaga Dokumen –tasi Islam Kowara (1994)
0854-9737
Jakarta
Lembaga Dokumentasi Islam Kowara
29
Warta IKADIP (1995)
0853-4896
Jakarta
Ikatan alumni Diploma Perpustakaan UI
30
Warta Perpustakaan PTIK (1992)
0854-5987
Jakarta
Perpustakaan PTIK
31
Warta Perpustakaan Univ. Atmajaya (1992)
0852-5579
Yogyakarta
Perpustakaan Unika Atmajaya
32
Warta Pustaka Pusat Perp. Dokinfo LP3ES (1980)
0216-5007
Jakarta
Pusat Perp. Dokinfo LP3ES


Lampiran 4
MAJALAH YANG GANTI JUDUL

No
Judul lama /Tahun terbit
ISSN
Kota Terbit/Penerbit
Judul Baru
1
Infinitus (1985)
0215-0271
Banjarmasin/Perpusda Kalteng
Mimbar Pustaka
2
Jurnal Ilmu Perpustakaan & Informasi (1993)
08-5634
Depok/Jur. I. Perpus takaan Fak. Sastra UI
Jurnal Ilmu Informasi, Perpust. & Kearsipan
3
Majalah Ikatan Pustaka -wan Indonesia (1974)
0126-1207
Jakarta/IPI
Marsela

0 Comments:

Post a Comment

<< Home