Name:
Location: Jakarta, Indonesia

Tuesday, October 31, 2006

PEMINJAMAN BUKU DI PERPUSTAKAAN MENURUN? MENGAPA?

Kegiatan tulis menulis merupakan keahlian yang dituntut oleh semua jabatan fungsional, termasuk peneliti dan pustakawan. Bagi yang belum terbiasa menulis memang sulit untuk memulai. Bagaimana memilih judul, mencari bahan tulisan, mengolahnya dan mengungkapkan pendapat, seolah menjadi pekerjaan yang teramat sukar. Padahal jika kita mau membaca-baca artikel majalah ilmiah, terbitan luar negeri sekalipun, terlihat bahwa tulisan tersebut berangkat dari hal yang sederhana.

Berikut ini adalah contoh artikel dalam majalah ilmiah asing yang membahas masalah menurunnya peminjaman buku di perpustakaan umum United Kingdom. Suatu tulisan yang berangkat dari masalah yang kita jumpai dalam pekerjaan sehari-hari. Adakah diantara kita yang memperhatikan hal-hal seperti itu? Topik yang biasa-biasa saja tersebut ternyata dapat dibahas dari segala sudut dan didukung dengan begitu banyak referensi (81 judul) sehingga menghasilkan suatu tulisan yang komprehensif. Bahkan dengan topik yang sama dihasilkan lagi satu judul artikel lain yang khusus memuat analisis kecenderungan dari data-data statistik yang ada sejak 1980 – 1998 dengan 36 judul referensi.

Alasan penurunan peminjaman buku (untuk orang dewasa) di perpustakaan umum Inggris ini dibahas dari dua aspek, yaitu aspek layanan dan kinerja perpustakaan umum dan aspek minat dan perilaku populasi umum yang mempengaruhi kecenderungan meminjam buku dari perpustakaan. Aspek-aspek yang ditinjau antara lain adalah:

Penurunan anggaran perpustakaan
Pada bagian ini diungkapkan referensi yang membuktikan adanya pengurangan anggaran perpustakaan sementara biaya pegawai semakin meningkat. Menurunnya anggaran perpustakaan mengakibatkan menurunnya anggaran pengadaan koleksi sehingga koleksi menjadi usang dan berkurangnya pilihan terhadap buku yang dipinjam.

Berkurangnya jam buka perpustakaan
Pengurangan anggaran belanja perpustakaan mengakibatkan berkurangnya jam buka perpustakaan dan berkurangnya kenyamanan yang dianggap mempunyai andil terhadap penurunan peminjaman. Di sini disajikan data-data statistik dan hasil kajian yang berkaitan dengan akibat pengurangan jam buka perpustakaan.

Penutupan perpustakaan
Salah satu akibat dari pengurangan anggaran untuk perpustakaan adalah ditutupnya perpustakaan. Pernyataan ini didukung oleh data-data statistik dan data-data hasil penelitian yang terkait.

Peraturan Perpustakaan
Peraturan perpustakaan yang dianggap mendukung berkurangnya peminjaman antara lain adalah kebijakan mengenai tarif, singkatnya waktu peminjaman, dan kemudahan untuk memperpanjang peminjaman.

Penurunan minat membaca buku
Pada bagian ini dibahas bagaimana kondisi populasi dan minat baca di wilayah tersebut didukung dengan data-data yang lengkap.

Kualitas buku fiksi
Di sini dikemukakan berbagai pendapat, baik yang mendukung maupun yang menolak anggapan bahwa kualitas buku fiksi kemungkinan mempunyai andil dalam menurunkan peminjaman buku.

Menonton televisi
Dengan data-data yang ada dicoba menghubungkan pengaruh meningkatnya jam menonton televisi dengan menurunnya jumlah peminjaman buku untuk orang dewasa.

Meningkatnya kemakmuran dan kesempatan mendapatkan hiburan
Menonton televsisi merupakan salah satu cara untuk mengisi waktu luang. Apa yang dikerjakan orang diwaktu luangnya sangat berhubungan dengan biaya. Dengan meningkatnya kemakmuran maka lebih banyak pilihan yang dapat dilakukan, seperti, makan ke luar, liburan ke luar negeri, fitnes, klub kebugaran, bioskop, video, dsb

Meningkatnya pembelian buku oleh pembaca
Meningkatnya pendapatan mengakibatkan perubahan kecenderungan meminjam buku menjadi membeli buku. Didukung dengan data-data statistik yang menunjukkan meningkatnya penjualan buku dan jumlah buku yang dipajang di toko buku sehingga orang yang berduit mampu segera membaca buku-buku baru dan laris sementara perpustakaan harus menunggu waktu lama untuk dapat membelinya.

Komputer dan internet
Meningkatnya pendapatan dan kemajuan teknologi memacu tumbuhnya komputer pribadi, internet, video game di rumah yang banyak menghabiskan waktu. Yang menarik bahwa sejak tahun 1990 penurunan juga terjadi pada peminjaman buku anak-anak. Merupakan bukti kuat bahwa adanya internet dan komputer menggantikan kegiatan membaca buku baik untuk hiburan maupun informasi.

Contoh di atas hendaknya dapat memberi gambaran bahwa banyak hal di sekitar kita yang dapat diangkat sebagai bahan tulisan bahkan bahan penelitian. Bagaimana keadaan di Indonesia? Berminatkah Anda untuk mengungkapnya? Dengan berbekal kemauan, kerajinan membaca dan mengamati, saya yakin kegiatan tulis menulis dan penelitian bukan merupakan hal yang sulit, bahkan merupakan ladang angka kredit yang amat menjanjikan dan pantas ditekuni.

Bacaan :
Grindlay, Douglas J.C. and Morris, Anne. The decline in adult book lending ini UK public libraries and its possible causes : I. Literature review. Journal of Documentation, 60 (6) 2004: 609-631.

Grindlay, Douglas J.C. and Morris, Anne. The decline in adult book lending ini UK public libraries and its possible causes : II. Statistical analysis. Journal of Documentation, 60 (6) 2004: 632-657.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home